Gunung Ruang Semburkan Abu Vulkanik,warga diminta Waspada

Teropong Indonesia News-Banyuwangi

– Semburan abu vulkanik dan meningkatnya Aktivitas Gunung Raung semakin meluas bahkan asap kelabu yang dikeluarkan semakin tinggi dan menyebar luas ke wilayah Banyuwangi Kota hingga ke pulau Dewata Bali.

Hingga kini Ketinggian asap 10 jam terakhir terpantau berwarna kelabu dan hitam dengan intensitas sedang hingga tebal setinggi sekitar 1000-2000 meter dari puncak,

Berdasarkan keterangan Penjaga Petugas Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Raung, Burhan Alethea, Senin (8/2/2021).

Namun Meski demikian status masih dinyatakan Level II atau waspada. Menurut data dari PPGA) masih terjadi gempa tektonik jauh dengan amplitudo 32 mm, dengan durasi 126 detik.

Sementara Untuk gempa tremor masih berlangsung dengan amplitudo 3-22 mm, dominan 6 mm,” kata Petugas PPGA Raung, Burhan Alethea saat dikonfirmasi, Senin (8/2/2021).

Pantuan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Raung kini terdapat peningkatan semburan abu vulkanik yang sudah mencapai 2.000 meter dari puncak kawah. Asap terlihat mengarah ke timur.

Hingga kini tingkat aktivitas Gunung Raung masih berada di level II atau waspada. Pihaknya mengimbau masyarakat dan wisatawan agar tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi kawah puncak. Warga juga diminta mewaspadai adanya hujan abu.

“Terkait yang terdampak hujan abu, warga masyarakat harap menggunakan masker dan kalau biasa pakai kacamata juga kalau sedanag beraktivitas,” pesannya.pungkasnya (Kur)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *