Pemerintah Kabupaten Jember Tancap Gas dalam Akselerasi Melayani Vaksinasi Covid-19 Kepada Masyarakat

Teropongindonesianews.com

Jember.Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember tancap gas dalam akselerasi melayani vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat, khususnya kelompok pralansia berusia 50-59 tahun dan lansia (lanjut usia) 60 tahun ke atas.

Untuk itu, seperti disampaikan dr Wiwik Supartiwi, MKes, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember telah menggandeng 6 Rumah Sakit, 91 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), 28 klinik, 13 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan RS Swasta.

Di masing-masing tempat itu didirikan gerai vaksinasi COVID-19. Semakin banyak gerai itu tersebar, maka akses masyarakat terhadap pelayanan vaksinasi akan semakin mudah. Secara berkelanjutan, semakin banyak yang divaksin, imunitas di lingkungan pun menjadi kuat.

Kerja sama ini ditempuh Dinkes sebagai aplikasi terhadap imbauan Bupati Jember Hendy Siswanto untuk melakukan sinergi dan kolaborasi dalam bekerja. Dengan menjlain kerja sama ini, maka lahir gagasan membuka gerai-gerai secara sporadis di banyak tempat sehingga masyarakat dapat menjangkaunya secara mudah.

“Membuka posko-posko vaksinasi COVID-19 bersama instansi terkait itu juga menindaklanjuti Surat Edaran dari Plt Dirjen Kemenkes, tertanggal 28 Mei 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok Pralansia.

Salah satu gerai yang dibuk Bupati Jember terletak di Lippo Plaza. Letaknya strategis, ujar Bupati dalam sambutannya, masyarakat pralansia dan lansia bisa mudah menjangkaunya. Gerai vaksinasi COVID—19 di Lippo Plaza ini adalah upaya berkolaborasi dan bersinergi antara Pemkab Jember dengan masyarakat.

“Mencegah penyebaran virus COVID-19 adalah kewajiban bersama-sama. Bukan tugas pemerintah saja, melainkan berkolaborasi dengan seluruh masyarakat. Setelah vaksin, tetap wajib menaati Protokol Kesehatan 5 M. Jangan lupa berdoa wabah COVID-19 ini segera hilang dari Indonesia,” ujar

Bupati Hendy dalam peresmian Gerai Vaksinasi COVID-19 ini didampingi Wakil Bupati MB Firjaun Barlaman beserta jajaran Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah). Tampak juga Ketua TP PKK Kasih Fajarini bersama Wakil Ketua TP PKK Ervita Afdilah Sari.

Santoso

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *