DESA LEMBENGAN LEDOKOMBO JAWA TIMUR TELAH MEMBENTUK TIM RKP TAHUN 2022

Teropongindonesianews.com

LEDOKOMBO – Pembentukan Tim Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) pemerintah Desa Lembengan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember, Melalui Musyawarah RKP tahun anggaran 2022 Desa Tegalwaru hari ini di gelar.

Pemerintah Desa beserta BPD Desa Lembengan, menyelenggarakan musyawarah sekaligus pembentukan Tim penyusunan (RKP) Bidang pembangunan Desa yang menjadi pedoman bagi pemerintah Desa Lembengan , yakni untuk  menyusun rancangan kerja pemerintah atau RKP Desa Lembengan tahun 2022, Musyawarah kali ini  dilakukan diBalai Desa Lembengan yang dihadiri oleh seluruh komponen masyarakat terdiri dari unsur BPD Desa Lembengan, Pemerintah Desa, LPM, PKK, Babinsa dan Bhabinkamtibmas,  serta perwakilan kelompok masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta perwakilan pemuda.

Musyawarah pembentukan Tim penyusunan Rencana kerja pemerintah RKP  Desa Lembengan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa. Dokumen RKP Desa menjadi dasar penyusunan dokumen penganggaran desa, yakni APBDes.

Selanjutnya rancangan program dan kegiatan yang menjadi prioritas untuk tahun 2022, baik di bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan,  Kegiatan PKK, dan pemberdayaan masyarakat, disampaikan oleh Kepala Desa Lembengan M SOPYAN didampingi Sekdes dan Ketua BPD Desa Lembengan

RKPDes sendiri dalam pelaksanaannya nantinya akan dibiayai melalui APBDes tahun anggaran 2022 dan untuk daftar usulan akan dibawa kemusyawarah pembangunan tingkat kecamatan untuk dibiayai dengan APBD.

“Hal ini dilaksanakan untuk menyepakati usulan kegiatan skala prioritas, baik yang didanai oleh Dana Desa, maupun sumberdananya APBD Kabupaten, APBD Provinsi serta melalui APBN yang diusulkan nantinya melalui Musrenbang Kecamatan,” ungkap kepala Lembengan M SOPYAN kepada wartawan TIN.

Pada Musyawarah RKP tersebut, masing-masing bidang memusyawarahkan tentang usulan-usulan yang menjadi skala prioritas untuk dipaparkan dan mendapatkan persetujuan, sekaligus nantinya akan diajukan dalam Daftar Usulan RKP Desa Lembengan tahun 2022.

Musyawarah RKP Desa Lembengan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember berjalan lancar dan hasilnya akan disampaikan kepada kecamatan untuk menjadi bahan kajian dalam pembangunan skala prioritas. Selain itu, dimasukan Daftar Usulan RKP Desa di Musrenbang Kecamatan sesuai dengan sumber dana yang menjadi kewenangan pemerintah.

( ZUBAIDAH ).

Pos terkait