Kapolres Lumajang Hadiri Vaksinasi Serentak Peringatan HUT TNI ke-76 yang Dipantau Forkopimda Jatim

Teropongindonesianews.com

LUMAJANG-Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K, M.Si. menghadiri kegiatan vaksinasi Covid-19 serentak dalam rangka peringatan HUT TNI ke-76 yang digelar di SMK Muhammadyah Lumajang. Selasa (5/10/21)

Gelaran vaksinasi serentak yang juga dipantau oleh Forkopimda Jawa Timur secara virtual tersebut, menyasar sejumlah 1412 orang dari kalangan pelajar, lansia dan masyarakat umum di Kabupaten Lumajang, yang mendapatkan vaksin dosis 1 maupun vaksin dosis 2.

Selain dihadiri oleh Kapolres Lumajang, tampak Bupati Lumajang Thoriqul Haq, MML, Kadinkes Kabupaten Lumajang dr. Bayu Wibowo Ignasius serta Forkopimca Lumajang juga hadir dan memantau langsung gelaran vaksinasi tersebut.

Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Andi A. Wibowo. S.Sos, M.i.Pol. selaku penyelenggara menyambut kehadiran forkopimda dan tamu undangan, selanjutnya bersama-sama mengikuti acara vaksinasi serentak secara virtual bersama Forkopimda Jatim.

Pada kesempatan tatap muka virtual, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada seluruh prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berperan aktif dalam penanganan dampak pandemi Covid-19. Baik dalam pendisiplinan penerapan protokol kesehatan, perawatan pasien Covid-19, maupun dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

“Kita bersyukur bahwa dalam penanganan pandemi kali ini semua elemen bergerak. Nilai-nilai luhur bangsa yaitu gotong royong terus tumbuh di masa sulit. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI yang turut mengambil peran dalam penanganan pandemi, mulai sosialisasi penertiban protokol kesehatan, distribusi dan pelaksanaan vaksinasi, penyediaan oksigen dan obat-obatan, dan lain sebagainya,” kata Khofifah.

Khofifah mengatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19, ketangguhan atau resiliensi bertumpu pada semangat kebersamaan. Dari situasi ini bisa dipetik pelajaran bahwa pandemi Covid-19 adalah ujian kemanusiaan, tantangan yang tidak bisa diselesaikan sendiri-sendiri tetapi harus dengan kolektivitas, kebersamaan dan kerjasama.

“Selama ini kita melihat keberhasilan dalam menangani pandemi Covid-19 ini berasal dari agregasi inisiatif-inisiatif yang dilakukan berbagai pihak, mulai Pemerintah Daerah, TNI, Polri, serta masyarakat sendiri. Setiap pihak menjalankan perannya masing-masing, saling mengisi, saling membantu,” ungkapnya.

Dalam persoalan pandemi Covid-19, ketika seluruh elemen bangsa bersatu dan berjuang bersama menangani pandemi Covid-19, maka dirinya meyakini kita semua bisa menang melawan pandemi ini. Hal ini sejalan dengan tema peringatan HUT ke-76 TNI kali ini yakni Bersatu, Berjuang Kita Pasti Menang

“Ke depan, inisiatif dan semangat kebersamaan ini perlu terus kita jaga. Pandemi Covid-19 masih menyisakan dampaknya dalam berbagai bidang. Untuk terus menguatkan diri menghadapinya, maka kita perlu bergerak bersama, kita perlu berjuang bersama dan bersatu. InsyaAllah kita pasti menang. Selamat HUT ke-76 TNI, Semoga makin jaya di darat, laut dan udara,” ungkapnya.

Sementara itu Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto mengatakan bahwa seperti yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat upacara virtual tadi, bahwa di ulang tahun ke-76 ini seyogyanya TNI bisa memberikan atau menampilkan kemampuan dan kapasitas TNI.

“Biasanya di hari ulang tahun inilah kesempatan para prajurit TNI menampilkan kemampuannya termasuk juga menggelar alutsista, tetapi dua tahun ini karena memang masih pandemi covid 19, sehingga penyelenggaraan ulang tahun TNI dilaksanakan secara sederhana namun tentu saja tetap sarat dengan makna, seperti bersama-sama dengan Polri, masyarakat, pemerintah daerah dan seluruh komponen bangsa menyelenggarakan kegiatan-kegiatan dalam rangka penanganan covid-19 dengan menggelar vaksinasi serentak dan bakti sosial,” terang Suharyanto.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta juga mengapresiasi kepada jajaran anggota TNI, dalam pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan secara serentak.

“Kami sangat mengapresiasi atas pelaksanaan vaksinasi secara serentak. Mudah-mudahan bisa berjalan terus berlanjut serta bisa menciptakan herd immunity,” harap Nico.

Dalam gelaran vaksinasi serentak kali ini Bupati Lumajang mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang sangat antusias melaksanakan vaksinasi, diharapkan setelah dilaksanakan vaksinasi masyarakat lebih kuat dan sehat.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan serbuan vaksinasi HUT TNI ke-76 yang berlangsung tertib di SMK Muhammadyah Lumajang, Kapolres bersama Forkopimda Lumajang juga tampak menyapa dan berbincang dengan masyarakat dan pelajar yang sedang mendapat suntikan vaksin, Kapolres mengingatkan untuk tetap menjalankan prokes secara disiplin walaupun telah mendapatkan vaksin Covid-19.

Santoso-Redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *