Musabaqoh Tilawatil Qur’an atau MTQ ke 29 Resmi Dibuka Oleh Gubernur Jawa Timur

Teropongindonesianews.com

Pamekasan- Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an atau MTQ ke 29 yang digelar di Kabupaten Pamekasan, Madura,  Jawa Timur resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Halaman Bakorwil Pamekasan, pada hari Rabu (3/11/2021) malam.

Acara tersebut akan dilaksanakan sampai tangal 11 November 2021 mendatang. Ada sebanyak 1.303 kafilah dalam lomba tahunan itu yang datang dari 38 Kabupaten di Jawa Timur.

Kegiata MTQ XXIX Tingkat Provinsi Jawa Timur ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19  ketat, baik peserta, panitia ataupun tamu undangan diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Sebagai upaya menghindari kerumunan peserta MTQ, pelaksanaan MTQ ini dilakukan di 12 tempat terpisah. Seperti di Aula PCNU, Auditorium dan Masjid IAIN Madura, Gedung Balai Redjo, Aula Bakorwil Pamekasan, Aula Haji Kemenag, Masjid Agung Asy-Syuhada’, Pendopo Budaya, Aula SMK Negeri 2, Aula SMK Negeri 3, Gedung Pemuda, serta Aula SMA Negeri 2.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa ajang MTQ ini tidak hanya dijadikan sebatas ajang kompetisi saja, akan tetapi sebagai upaya dakwah sekaligus memperkuat semangat persaudaraan, persatuan, dan kepedulian antarsesama, sekaligus memperkuat ukhuwah Islamiyah.

“Melalui ajang MTQ ini kami berharap juga sebagai upaya dakwah sekaligus memperkuat semangat persaudaraan, persatuan, dan kepedulian antarsesama, sekaligus memperkuat ukhuwah Islamiyah. Semangat ini sangat penting, terutama di era pandemi ini sebagai motivasi dan spirit Jatim Bangkit,” jelas Gubernur Jatim tersebut.

“Momentum ini harus dimanfaatkan untuk terus menguatkan rasa kebersamaan dan solidaritas antarsesama. Saya yakin tumbuhnya solidaritas selama pandemi ini merupakan modal kuat untuk kita semua bisa bangkit dan melewati masa-masa pandemi ini bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menyampaikan bahwa Lomba MTQ tersebut mengangkat tema ‘Spirit Qur’ani Untuk Jawa Timur Bangkit’ sesuai tema tersebut lomba MTQ tersebut harus mengandung empat unsur, yaitu Bangkit, Benar, Membangun atmosfer Qur’ani, dan Sukses Prestasi.

“Dalam tema besar ini oleh pemkab diterjemahkan empat hal yaitu Bangkit, Benar, Membangun atmosfer Qur’ani, dan Sukses Prestasi. Empat sukses ini merupakan turunan dari tema besar yang dipilih oleh Jawa Timur dalam MTQ yang ke 29 ini” jelas Bupati Pamekasan.

Baddrut Tamam juga berharap, melalui MTQ ini bisa menjadi ajang dalam bertukar pikiran

“Kita berharap MTQ ini semoga juga menjadi ajang silaturrahim, tukar pemikiran, cara dan strategi untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi yang sedang kita alami karena pandemi”

“Saya sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah provinsi atas kepercayaan atas amanah ini kepada kita sebagai tuanrumah dalam acara MTQ ke 29 ini” Pungkasnya.

(Sg)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *