AJLK BERSAMA KPK RI MENGADAKAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI SMAK ST. AGUSTINUS LANGA

Teropongindonesianews.com

Ngada-Bajawa – Bertempat di ruangan kelas Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) St. Agustinus Langa, Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi (AJLK) mengadakan pendidikan anti korupsi bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, pada Jumat (19/11/2021).

Hadir dalam kegiatan ini antara lain peserta didik SMAK St. Agustinus Langa yang berjumlah 50 orang beserta pendidik dan tenaga kependidikan SMAK St. Agustinus, utusan mahasiswa STKIP Citra Bakti Malanuza, dan utusan mahasiswa STIPER Flores Bajawa.

Yang mewakili AJLK adalah Ibu Modesta Meo Wale, dan pemberi materi adalah Ibu Ipi Maryati Kuding, selaku Juru Bicara KPK RI.

Dalam sambutan pembuka, Ibu Modesta mengatakan, “Pendidikan anti korupsi kepada remaja bertujuan menumbuhkan nilai integritas sebagai penguatan pendidikan karakter di masa sekarang dan yang akan datang”.

Sedangkan Ibu Ipi Maryati dalam pemaparan materi melalui zoom meeting mengatakan tiga hal penting antara lain, pertama, mengubah perilaku koruptif di jenjang pendidikan formal, kedua, membangun kesadaran anti korupsi, dan ketiga, pembenahan sistem UU yang mengarah pada tindakan anti korupsi dalam lingkungan pendidikan.

Selanjutnya dalam sesi tanya jawab, salah seorang penanya dari STKIP Citra Bakti (Franky Ria), menanyakan klasifikasi korupsi, dan dijawab langsung oleh Ibu Ipi Maryati, yang menjelaskan 7 jenis korupsi menurut UU No.31 tahun 1999 jo UU No 20 tahun 2001, antara lain, korupsi yang merugikan keuangan negara, suap-menyuap, penggelapan dalam jabatan, pemerasan, perbuatan curang, benturan kepentingan dalam pengadaan, dan gratifikasi.

Sejauh pantauan media ini, acara diawali oleh sambutan Wakasek Kesiswaan (Bapak Bertho Lezo, S. Fil), dan ditutup oleh Ibu Modesta selaku kontributor KPK daerah, yang kemudian menyerahkan cenderamata dari KPK RI kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan pendidikan anti korupsi.

Andreas Neke-Korwil NTT

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *