Komunitas Budaya Masyarakat Topeng Mongkor Situbondo Terus Berkreasi Untuk Negeri

Teropongindonesianews.com

Situbondo – 23/11/2021 Segudang prestasi yang di torehkan oleh Hosnatun untuk melestarikan budaya kearifan lokal dan mencetak generasi yang bermental baja untuk menjunjung tinggi nilai-nilai pelestarian budaya kearifan lokal.

Hosnatun atau yang lebih familiar di panggil Pak Tutun ini sebagai Pembina sekaligus ketua komunitas Budaya Masyarakat Topeng Mungkor Situbondo dan juga ketua Sanggar Wahana Puspa Budaya yang selalu berkarya Dalam seni tari tradisi.

Pak Tutun Setelah sukses dengan menciptakan maha karya tari tradisi Topeng Mongkor, kini menciptakan lagi sebuah tari tradisi dengan judul Tari Topeng Carokkak yang sarat dengan nilai nilai sejarah yang pernah terjadi di kabupaten Situbondo ini.

Menurut pak Tutun, Tari Topeng Carokkak ini adalah bentuk kondisi masyarakat Panarukan atau Patukangan pada saat menerima kunjungan Raja Majapahit Prabu Hayam Wuruk di Bumi Patukangan ( Situbondo saat ini) pada abad 13, dan mengumpulkan raja raja Jawa dan madura.

Masyarakat menyambut kedatangan maha raja dan raja raja lainnya, di sambut dengan tari topeng, sehingga di beri nama Tari To Carokkak. Tandas Pak tutun.

(Gus TIN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *