Tari Topeng Carokkak Mendapat Apresiasi Ketua Dewan Kesenian Jawa Timur

Teropongindonesianews.com

Situbondo – Tari tradisi Topeng Carokkak yang penuh nilai nilai sejarah peradaban kabupaten Situbondo, sejak pada masa kerajaan, Kolonial, bahkan peralihan dari nama kabupaten Panarukan menjadi kabupaten Situbondo seperti sekarang ini.

Tari tradisi Topeng Carokkak adalah bentuk manifestasi dari nilai nilai kearifan lokal yang di tuangkan oleh Hosnatun dalam sebuah gerak tari (wiraga) yang di iringi musik karawitan ( wirama ) sehingga menimbulkan kekuatan batin untuk merasakan setiap gerak dan alunan musik (wirasa).

Tari Topeng Carokkak Mendapat Apresiasi yang sangat tinggi dari Taufik Monyong Ketua Dewan Kesenian Jawa Timur, pada saat di temui Biro Teropong Indonesia News di sela kegiatannya dalam salah satu acara JTV di Pendopo Kabupaten Situbondo pada Selasa, 23/11/2021.

Taufik Monyong mengatakan bahwa Tari Topeng Carokkak harus di lestarikan dan di bumingkan sebagai bentuk manifestasi nilai nilai sejarah leluhur, oleh masyarakat Situbondo.

Saya selaku ketua DK Jawa Timur memberi support dan Apresiasi terutama kepada Hosnatun atau Pak Tutun dan masyarakat Situbondo yang sudah ikut andil dalam melestarikan budaya kearifan lokalnya, tandas Taufik Monyong.

(GusTIN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *