Sehat Itu Mahal..! UPTD Puskesmas Bandar Agung Gelar Layan Kesehatan Gratis Dukung BKMD Kamp. Bandar Agung

Teropongindonesianews.com

Lampung Tengah – Sebagai ujung tombak Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kesehatan kabupaten Lampung Tengah yang ada di wilayah kecamatan, yang bersentuhan langsung dalam menangani khususnya di bidang kesehatan masyarakat yang ada di kampung.

UPTD Puskesmas Bandar Agung seakan tak pernah mengenal kata lelah dalam mewujudkan Visi Misinya untuk menjadikan masyarakat kecamatan Terusan Nunyai sehat Berjaya.

Sebuah Visi dan Misi yang sejalan dengan program kerja pemerintah daerah kabupaten Lampung Tengah Bupati H. Musa Ahmad, yakni menjadikan masyarakat Lampung Tengah sehat Berjaya di masa depan menuju Indonesia Emas.

Kali ini, UPTD Puskesmas Bandar Agung dengan inovasi unggulannya Bersama Kami Jemput Layani Masyarakat di Kampung (Basmi Jelangkung) kembali hadir berkolaborasi bersama Forkopimcam kecamatan Terusan Nunyai dan kampung dalam menyukseskan kegiatan program Bunga Kampung Mekar di Dusun (BKMD) Ke II kampung Bandar Agung, Lampung Tengah.

Kegiatan yang digelar selama dua hari Kamis dan Jum’at, 13~14 Juli 2024 kemarin, yang di pusatkan di halaman kantor dan Aula Command Center Bandar Agung tersebut, dihadiri langsung oleh Camat Terusan Nunyai H. Effendi Arbain, S.E., M.M., Sekertaris kecamatan (Sekcam) Seodega Bunayar, S.T., M.M., Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan Erna Novianti Arbain, serta selaku tuan rumah kegiatan Kepala kampung Bandar Agung Selamat Sutopo beserta Ketua TP PKK kampung H. Paulina, S.H.

Juga di dihadiri langsung Kepala Puskesmas (Kapus) Bandar Agung H. Ns. Yunus, S.Kep., selaku tim promotor kesehatan diantaranya, dr. Kumailatun Hakikiyah (dr. Kiki), Promkes Dwiana Agustina, SKM., M.Kes., H. Eric Ismail Shaleh, S.Kep., beserta Tim kesehatan (Nakes) lainnya.

Hadir juga Danramil 0411-11/TB/LT yang diwakili Bhabinsa Serka Ajid Suhartono, Kapolsek Terusan Nunyai AKP Muhammad Ali Mansyur di wakili anggota jajaran AIPDA Candra Yuliastika selaku Bhabinkamtibmas, para tokoh dan Masyarakat setempat.

Kapus H. Ns. Yunus, S.Kep., mengungkapkan kepada pihak media ini, terkait beberapa hasil capaian ”Basmi Jelangkung“ UPTD Puskesmas Bandar Agung dalam kegiatan yang di gelar selama dua hari tersebut.

“Dari laporan Tim Nakes dilapangkan, pada hasil kesehatan Basmi Jelangkung dalam giat BKMD kampung Bandar Agung selama dua hari yakni Kamis dan Jum’at, 13~14 Juni 2024 itu, kita mendapatkan kunjungan sebayak 83 pasien/orang,” ungkapnya.

Sementara, lanjut Kapus menjelaskan, “Untuk pemeriksaan Hipertensi ada 5 orang, Diabetes Melitus 3 orang dan Hipertensi + DM 1 org, Screening TB 37 orang, Konsultasi dan pengobatan 30 orang,” jelasnya.

Masih H. Ns. Yunus, juga menerangkan bahwa pihaknya juga membuka layanan bagi ibu hamil dan ibu balita serta layanan Keluarga Berencana (KB) dan Khitanan masal.

“Dalam pelayan Kelas Ibu Hamil (Bumil) terdapat 7 orang pasien, Kelas Ibu Balita 15 orang, sedangkan untuk layan KB Implant sebayak 10 orang dan Suntik 1 orang,” terangnya.

Sambungnya, “Selain itu kita juga ada kegiatan bakti sosial Khitanan masal bagi anak-anak keluarga kurang mampu yakni terdapat 13 orang Anak,” ujarnya.

Kapus H. Ns. Yunus berharap kepada masyarakat Lampung Tengah khususnya yang ada di kecamatan Terusan Nunyai agar selalu senantiasa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya setiap kali adanya program layanan kesehatan yang diadakan didaerahnya masing-masing, maupun yang telah disediakan di Unit pelayanan Puskesmas Bandar Agung yang di buka secara gratis.

Menurutnya, sehat itu mahal, karena kesehatan itu tidak dapat beli atau dicari, tapi harus dimulai dari diri sendiri dengan cara menerapkan pola hidup sehat yang dapat dimulai dari didalam lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar.

“Mari melalui Program ”Basmi Jelangkung“ UPTD Puskesmas Bandar Agung ini, kita ciptakan dan wujudkan masyarakat Terusan Nunyai menjadi masyarakat yang sehat Berjaya secara jasmani dan rohani, guna menuju masa depan Indonesia Emas” harap dan ajak Kapus H. Ns. Yunus, S.Kep.

Pewarta: Nizar.

Editor: Santoso.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *